Pengertian dan cara melakukan lompat harimau

Olahraga Lompat Harimau

Olahraga lompat harimau (forward roll) adalah jenis olahraga dengan rangkaian gerak senam lantai dan merupakan pengembangan dari gerakan salto ke depan.
Olahraga Lompat Harimau
Pengertian lompat harimau
Olahraga lompat harimau (forward roll) adalah jenis olahraga dengan rangkaian gerak senam lantai dan merupakan pengembangan dari gerakan salto ke depan. Dibandingkan dengan salto depan, gerakan lompat harimau dilakukan dengan gerak lompatan pada saat di udara jaraknya lebih jauh. Untuk melakukan olahraga ini untuk anak-anak, sikap awal permulaan berdiri dengan di akhiri melakukan berguling ke depan sangatlah menarik dilakukan, apalagi diberi tantangan dengan menempatkan suatu penanda di di depan matras atau dengan menggunakan rintangan, misalnya menggunakan peti lompat atau pada teman yang membungkuk, sehingga anak-anak berusaha meloncat melewati penanda dan diakhiri dengan menggulingkan tubuh ke depan sebanyak dua kali atau tiga kali.
Cara olahraga lompat harimau
Langkah-langkah gerakan olahraga lompat harimau dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:
  1. Sikap awal rangkaian gerak loncat harimau dan berguling kedepan
    Berdiri dengan sikap badan tegak dan kedua lengan di samping badan,pandangan ke arah depan, kemudian mengambil sikap siap berlari dengan kecepatan yang tertentu, jarak pengambilan awalan bisa bervariasi beberapa langkah atau banyak langkah tergantung ketinggian dari penanda yang ada.
  2. Melakukan rangkaian loncat harimau dan berguling ke depan
    Mengambil posisi berdiri tegak kemudian berlari cepat setelah mendekati penanda segera melakukan tolakan dengan menumpu pada kedua kaki, badan terangkat ke atas atau meloncat melewati penanda yang sudah disediakan. Setelah melompati maka mengakhiri lompat harimau dengan berguling ke depan, cara berguling ke depan dapat dilakukan dengan menyentuhkan kedua tangan ke matras kemudian tangan menumpu dengan kuat dan menggerakkan badan serta kaki bergerak ke depan diikuti dengan gerakan tangan punggung berserta badan menyentuh ke matras.
  3. Sikap akhir rangkaian gerak loncat harimau dan berguling ke depan
    Melakukan pendaratan dari rangkaian gerak ini adalah dengan melakukan gerak berguling ke depan sampai 2 atau 3 kali, setelah anak-anak melakukan gerak berguling maka akhir dari posisi berguling adalah dengan posisi jongkok, kedua tangan diangkat lurus ke depan seiring dengan gerakan badan bergerak berguling, dua kaki menapak dengan sempurna sehingga badan tidak terjatuh ke samping kanan atau ke samping.
Jika memakai penanda, penanda tidak boleh terlalu tinggi sehingga pada saat melakukan loncat harimau anak-anak tidak kesulitan melewatinya. Gunakan matras yang tebal dan aman serta lebar bagi pendaratan setelah melakukan loncat harimau. Anak-anak yang belum mampu menggulingkan badannya dapat dibantu oleh guru atau asisten seperti gambar berikut:
Lompat Harimau dibantu guru
Anak-anak melakukan satu persatu dengan pengawasan yang baik dari guru, teman—teman yang lain duduk di pinggir dengan memegang checklistmengamati setiap gerakan dari teman-teman yang melakukan olahraga loncat harimau.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teknik dasar guling lenting

Teknik dan peraturan lari jarak jauh